Selasa, 04 Agustus 2015

Alat Pelindung Diri

Assalamualikum Wr.Wb

Selamat pagi semuanya,,apakah hari ini ada yang sakit??

Alhamdulillah semua sehat,,Aaamiin.

Baik,,pada pertemuan safety talk kali ini saya akan menyampaikan tentang APD (Alat Pelindung Diri), dimana bahasa kerennya adalah PPE (Personal Protective Equipment). :D
Pertama yang akan kita bahas disini adalah "Mengapa kita harus menggunakan APD?"
APD adalah hirarki kontrol yang paling akhir terhadap suatu bahaya. urutannya adalah sbb:
1. Eliminasi (Menghilangkan)
2. Subtitusi (Mengganti)
3. Rekayasa Engineering (Rekayasa Teknik)
4. Administrasi Kontrol
5. APD (Alat Pelindung Diri)

Nahh,,ibarat sepakbola,,APD itu adalah seorang Goalkeeper, kebayang dong seandaianya main bola tapi ga ada Goalkeepernya?? kebobolan terusssss.... :D :D
sama halnya dengan APD, apabila kita tidak menggunakannya maka kemungkinan besar kita akan mengalami incident. tapi mungkin ada pertanyaan seperti ini, " Pak saya sudah bekerja selama 11 tahun disini dan saya jarang menggunakan APD tapi saya ga pernah terkena incident tuh pak?''
hmmm,,,,,okee, mungkin pada detik ini anda berbicara seperti itu memang belum terjadi incident, tapi apakah anda bisa menjamin 1 detik kemudian anda akan masih tetap selamat tanpa menggunakan APD?? Who knows??? Only God who knows.. 
 
Pembahasan selanjutnya adalah "Kapan APD digunakan?''
APD digunakan saat bekerja dan saat berada diarea kerja, jadi walaupun kita hanya melihat-lihat atau hanya mengobservasi dan tidak melakukan pekerjaan namun selama kita berada dalam area kerja tertentu yang mewajibkan menggunkan APD, maka kita juga harus mengenakannya.

Pembahasan yang ketiga adalah "Mengapa APD harus dirawat dan dijaga?'
Kalau saya tidak berlebihana mungkin bisa saya ibaratakan saya mempekerjakan seorang asisten rumah tangga, dan minta dia membersihkan rumah saya dan saya berikan peralatan sapu, alat pel, baju seragam dll. nah terasa tidak nyaman apabila asisten rumah tangga tsb malah merusakan alat2 yang dia pergunkan, sehingga saya harus beli lagi, iya kalau barangnya langsung ada, nah kalau baranya ga ada kan dia jadi ga bisa bekerja?saya sudah rugi uang dan waktu dan dia juga bekerja tidak efektif dan efisien sehingga pekerjaan yang dihasilkan jadai tidak berkualitas.
nahh sudah kebuka ya,,mengapa APD walaupun itu pembagian dari perusahaan harus kita jaga dan kita rawat sebaik mungkin.

Ya sekian safety talk dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua..
Terima kasih..
Wassalamualaikum,, Wr. Wb








3 komentar:

  1. apabila ada kebutuhan safety equipment silahkan kunjungi toko kami di
    https://www.tokopedia.com/adarabc/

    BalasHapus
  2. Mantat tetap semangat...
    Luar biasa...🙏🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus