Senin, 10 Agustus 2015

DISIPLIN !!!



      Disiplin adalah tema kita dihari ini, salah satu faktor yang menunjang keberhasilan kita dalam melakukan pekerjaan pada perusahaan ini adalah “Disiplin”, dengan disiplin diharapkan semua karyawan akan melakukan pekerjaan sesuai norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta menjadikan lingkungan kerja kita bersih, aman dan Nyaman.

      Persoalan K3 adalah kurang disiplinnya karyawan didalam melakukan pekerjaan sehari-hari, Disiplin dalam K3 merupakan harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar. Bayangkan saja jika kita tidak disiplin dalam K3 kecelakaanlah yang akan terjadi, baik itu kecelakaan yang menyebabkan hilangnya harta benda, cacat tubuh, dan bahkan kematian dikarenakan kecelakaan.
Berikut adalah beberapa contoh tindakan karyawan tidak disiplin dalam bekerja yang dapat menyebabkan kecelakaan :

1.Tidak mentaati SOP dan Petunjuk Kerja yang berlaku.
2. Tidak mentaati rambu – rambu yang dipasang disekitar area kerja.
3. Tidak mengindahkan peraturan K-3 yang berlaku diperusahaan.
4. Stress fisik dan mental.
5. Motifasi kerja yang tidak benar.
6. Tidak menggunakan APD dengan benar dan sesuai lokasi kerjanya.

     Disini karyawan bisa mengingat-ingat kembali sebab-sebab kecelakaan yang terjadi ditempat kerja masing-masing apa kira-kira penyebabnya ? karyawan yang masih merokok diarea workshop adalah salah satu contoh tindakan yang tidak disiplin. Karyawan tersebut bisa menularkan ketidak disiplinannya kepada rekan kerja yang lain, sehingga rekan kerja yang tadinya disiplin menjadi tidak disiplin disebabkan hanya karena ulah 1 orang karyawan yang tidak disiplin tadi. Marilah kita smua  setelah safety talk ini selesai kita berdo’a bersama untuk mendo’akan karyawan yang masih tidak disiplin diarea kerja kita agar bisa sadar dan bisa bekerja dengan baik dan meningkatkan kedisiplinannya dalam aturan merokok maupun penggunaan Alat Pelindung Diri.

Sekian…WASSALAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar